Minggu, 19 Januari 2014

Social Network Business

PENDALUHUAN

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai SNB atau Social Network Business adalah bagian dari penggunaan Social Network Service untuk melakukan pemasaran atau testing sebuah produk baru yang akan diluncurkan oleh sebuah perusahaan. Teknologi ini diterapkan oleh perusahaan untuk dapat mengetahui keinginan konsumen, baik dari +  segi desain, kebutuhan maupun daya beli konsumen.

TEORI
SNB dapat diartikan sebagai sebuah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan sebuah jaringan sosial, dimana para pengguna dapat saling bertukar pendapat atau menyelenggarakan sebuah acara. Contoh dari sebuah SNB adalah myspace dan Linkedln.
1.      Sejarah
Potensi jaringan komputer untuk memfasilitasi bentuk-bentuk baru dimediasi interaksi sosial-komputer disarankan sejak dini. Upaya untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi komputer yang dimediasi dibuat dalam banyak layanan online dini, termasuk Usenet , ARPANET , LISTSERV , dan buletin papan jasa ( BBS ). Banyak fitur prototipikal situs jejaring sosial juga hadir dalam layanan online seperti America Online, Prodigy , dan CompuServe.
Awal mula jejaring sosial dimulai dengan munculnya sebuah komunitas online seperti Theglobe.com, Geocities dan Tripod.com. Metode jaringan sosial seperti saat ini kita kenal baru mulai berkembang pada tahun 1990-an yang dimulai dengan kemunculan friendster.com.

1. Struktur Dasar Social Networking
Hal paling mendasar dalam sebuah Social Networking adalah pembuatan profil, penggunaan fitur teman, posting entri dan upload foto, ini merupakan hal yang selalu ada dalam sebuah Social Networking.
2. Fitur Tambahan
Fitur tambahan yang ada pada sebuah Social Networking diantara pembuatan kelompok atau grup-grup tertentu, melihat video atau foto pada sebuah profil, penggunaan chat room dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang muncul pada sebuah Social Networking.

Kekurangan
Di balik semua hal baik yang terdapat dalam SNB, juga terdapat sisi buruk. Diantaranya:
1. Privasi konsumen, dalam hal ini, konsumen tidak tahu apakah perusahaan tersebuh memberikan informasi pribadinya kepada orang lain yang sama sekali bukan haknya atau tidak. Informasi yang sensitif, dapat menimbulkan masalah di kemudian hari jika di sebarluaskan tanpa ijin pemilik informasi
2. Notifikasi, hal ini merupakan sebuah informasi singkat tentang apa saja yang terjadi pada profil kita, tapi hal ini bisa menjadi sangat menjengkelkan jika banyak diantara informasi singkat tersebut yang tidak berguna
3. Akses informasi, yang dimaksud dalam hal ini adalah akses informasi konsumen, apakah orang lain dapat melihat seluruh informasi kita atau tidak pada sebuah Social Networking. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak mendapat gangguan dari orang tidak dikenal atau bahkan seorang hacker.
4. Penyalahgunaan informasi, dengan banyaknya informasi yang kita tempatkan pada sebuah social networking, ada kecenderungan terjadi penyalahgunaan informasi oleh orang – orang tidak bertanggung jawab.

ANALISIS
Social Network Business atau Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, sepertisurat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing. Penggunaan domain SNB dimaksudkan untuk lebih mendekatkan konsumen kepada sebuah perusahaan tertentu, konsumen dapat melakukan keluhan atau masukan yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan, diantara desain produk, atau fitur yang diinginkan oleh konsumen saat ini.

Sumber


NAMA : NUR INDAH GALUH SYAWALI
KELAS : 4IA20
NPM : 55410133


Tidak ada komentar:

Posting Komentar